Pages

Sabtu, 11 September 2021

1/4

Makin umur, makin kenal sama diri sendiri
Rasanya aneh. Kadang-kadang ada hari dimana saya mikir kalau beberapa tahun yang lalu, saya sama sekali gak kenal dengan diri saya. Maunya apa, sukanya apa, gak sukanya apa, gak punya prinsip, seperti ikut arus. Hal-hal sederhana tentang diri saya pun saya gak tau. Atau mungkin saja saya tahu, hanya saja perspektif mulai berubah seiring berjalannya waktu? mungkin.

Perjalanan, pendewasaan kadang sejalan dengan bertambahnya usia. Meskipun, tidak bisa dipungkiri bahwa umur tidak selalu selaras dengan ukuran kedewasaan. Bagiku, bertambahnya usia membuatku jauh lebih mengenal berbagai perspektif tentang hidup. Terlalu riya rasanya jika saya katakan bahwa sayalah ahlinya tetapi jika boleh saya katakan, saya mulai sedikit paham tentang seni dari sebuah kehidupan. Bahwa hasil ttidak akan mengkhianati hasil. Kamu boleh percaya dan boleh juga tidak. Bagiku, beberapa hal sudah cukup membuatku menolak kalimat bijak tersebut. Usaha dan doa tidak akan mengubah apa-apa jika Tuhan pun tidak menghendaki. 

Di usia seperempat abad, bahkan mungkin sebelum itu, saya mulai tertarik menjadi pendengar akan kisah hidup orang lain. Saya sadar, cerita hidup tidak hanya datang dari diri sendiri. Dunia tidak hanya berputar sebatas kisah saya. Saya mulai mendengarkan, dan saya sadari bahwa ada banyak yang telah saya lewatkan selama ini. Mendengarkan dapat membuka perspektif lain tentang cara menjalani hidup. Yang menarik adalah, mendengarkan mampu membuat saya bisa menilai karaktek orang lain. Entah bagaimana  intonasi, ekspresi, tatapan bahkan dari cara menanggapi dapat menuntun saya pada sebuah kesimpulan terkait kepribadian orang tersebut.

Hal menarik lain dari mendengarkan adalah saya jadi paham apa yang boleh disampaikan dan apa yang tidak. Maksudnya adalah, saya dapat memilah mana yang bisa sampaikan dan pendengar pun dapat nyaman menerima apa yang saya ceritakan. Saya mulai belajar bahwa menjadi tidak tahu kadang menyenangkan jika berbicara tentang hidup orang lain. Tentu hal ini tidak akan menjadi relevan jika berkaitan dengan ilmu pengetahuan.


Xo,

Orionxif

0 komentar:

Posting Komentar